Stres : Bagaimana menangani dan menguranginya?


Pada tuntutan pekerjaan dan hidup yang sangat tinggi kita tidak bisa lepas dari namanya stres. Penyebabnya juga beragam, seperti masalah pekerjaan, keluarga, dan komitmen, jadwal yang padat juga dapat memicu stres. Sehingga kita perlu menyisihkan waktu untuk sejenak bersantai atau mengembalikan kesehatan mental, jika tidak ini akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik atau lebih tepatnya memicu timbulnya penyakit yang lain.
via (google and https://mydandra.com)
stres memicu berbagai macam penyakit

Dengan permasalahan di atas, mau tidak mau kita harus bisa mengelola stres dan kesehatan mental , sayangnya tidak semua orang bisa melakukan itu. Belajar bagaimana mengelola stres membutuhkan latihan dan komitmen, tetapi kamu tidak perlu kawatir akan aku berikan tips untuk mengelola stres lebih mudah. Berikut adalah 10 cara yang bisa kamu lakukan:

1. Olahraga

via (google and https://mydandra.com)
dapatkan manfaat dari olahraga teratur
Berolahraga secara teratur adalah cara terbaik untuk merelaksasi tubuh dan pikiran kita. Selain itu dengan berolahraga akan meningkatkan dan menjaga mood kita. Agar benar-benar mendapat manfaat dari olahraga, kamu harus melakukannya secara teratur.
Berapa lama berolahraga setiap minggu?
Kamu bisa mulai dengan intensitas sedang hingga 2 jam  2x seminggu atau 30 menit seperti jalan cepat 4 kali seminggu.

2. Merelaksasi otot

via (google and https://mydandra.com)
relaksasi dapat membantu mengurangi stres
Saat kamu stres otot menjadi tegang. Kamu bisa membantu merelaksasikannya sendiri dengan cara memijat atau gerakan:
  • Peregangan
  •  Pijatan di area kepala atau leher
  •  Mandi dengan air hangat
  •  Memperbaiki kwalitas tidur

3. Olah pernafasan

Berhenti sejenak dari permasalahan yang menimbulkan stres dan mengambil napas dalam-dalam juga bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres, ketegangan atau tekanan. Dengan olah pernafasan akan memberikan relaksasi. Cukup lakukan 5 langkah ini:
  • Duduklah dalam posisi yang nyaman dengan tangan di pangkuan dan kaki di lantai atau cari posisi senyaman mungkin
  • Pejamkan mata dan konsentrasi.
  • Bayangkan diri kamu berapa di tempat yang santai, seperti di pantai, padang rumput yang indah, atau di mana saja yang memberikan kamu perasaan damai.
  • Tarik napas dalam-dalam secara pelan-pelan.
  • Lakukan ini selama 5 hingga 10 menit sekaligus.

4. Cukupi nutrisimu

via (google and https://mydandra.com)
makanan bernutrisi mengurangi stress
Makan dengan teratur dan diet seimbang akan membantu kamu merasa lebih baik. Hal Ini dapat membantu mengendalikan mood kamu. Makanan seimbang dengan memenuhi kebutuhan  sayuran, buah, biji-bijian  dan protein. Jangan lewatkan waktu makan 3 kali sehari karena makan yang tidak teratur dapat suasana hati, hal itu tentu tidak kita inginkan.

5. Perlambat – berhenti sejenak

Kehidupan modern sangat sibuk membuat stres, kadang-kadang kita hanya perlu memperlambat atau berhenti sejenak dan bersantai. Sedikit menikmati hidup dan temukan cara-cara kecil untuk melakukannya. Semisal:
·         Saat kamu mengemudi di jalan raya, coba pilih ke jalur lambat untuk menghindari stres ketika dalam perjalanan.
·         Atau memecah pekerjaan besar menjadi yang pekerjaan kecil.

6. Istirahat yang cukup

Rencanakan waktu liburan untuk memberikan waktu istirahat bagi pikiranmu dari stres. Jika kamu adalah orang sangat ambisius mungkin cara ini akan sulit pada awalnya. Tapi cobalah sedikit meluangkannya dengan liburan dengan keluarga di dekat rumah, yang tidak perlu membutuhkan perencanaan yang sangat rumit. Selain itu hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres adalah:
·         Meditasi
·         Yoga
·         Tai Chi
·         Doa
·         Mendengarkan musik favorit
·         Menghabiskan waktu di alam

7. Luangkan Waktu untuk Hobi

Kamu perlu menyisihkan waktu untuk hal-hal yang kamu sukai. Seperti melakukan sesuatu yang membuatmu merasa baik, hal itu akan membantumu melawan stres. Tips yang ke 7 ini tidak memerlukan banyak waktu, cukup 15 hingga 20 menit saja. Kamu bisa melakukan hobimu seperti:
·         Bacaan
·         Rajutan
·         Melakukan proyek seni
·         Bermain golf
·         Menonton film
·         Bermain puzzle
·         Bermain kartu dan permainan papan

8. Mendiskusikan masalah

Jika kamu merasa stres yang kamu dapat sangat berat, mungkin kamu butuh teman unutk membicarakan tanpa meminta solusi. Hal ini dapat membantumu menurunkan stres. Kamudapat berbicara dengan anggota keluarga, teman, dokter atau terapis.

9. Jangan terlalu keras dengan dirimu

Kamu harus bisa menerima bahwa sesuatu itu tidak ada yang sempurna, baik pekerjaanmu masalahmu, hidupmu, bosmu bahkan pacarmu. Tidak peduli sekeras apa-pun usahamu, kesempurnaan hanya milik Tuhan. Kamu juga tidak bisa mengendalikan segalanya dalam hidupmu. Jadi sayangi dirimu sendiri dan berhentilah berpikir bahwa kamu bisa melakukan segalanya sesuai dengan rencanamu. Jangan lupa untuk menjaga selera humormu karena tertawa dapat membuatmu merasa santai.

10. Hilangkan pemicu stres

Cari tahu apa penyebab stres yang membuatmu menjadi gila. Apakah itu pekerjaan, perjalanan karier, tugas sekolah Anda? Kamu dapat mengidentifikasinya apa yang menyebabkannya, coba cermati lagi apakah masalah itu sangat penting bagimu kalo tidak cobalah hilangkan masalah itu untuk membuat hidupmu lebih bahagia.
via (google and https://mydandra.com)
hindari hidup tanpa stress dan menjadi bahagia
Jika kamu tidak bisa mengidentifikasi penyebab utama stresmu, cobalah membuat jurnal stres. Catat kapan kamu menjadi sangat cemas, kemudian temukan cara untuk mengurangi pemicu tersebut.

Nah demikian beberapa tips yang bisa aku berikan untuk mengurangi stres, mengurangi stres berarti kamu mencintai dirimu sendiri serta kesehatanmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hindari Konsumsi Gula Berlebih! Dapat Merusak Kecantikan Kulit

Daftar Produk Ms Glow

Berapa Hari Pakai Ms Glow Wajah Bersih?